Laporan Praktikum Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi

LAPORAN PENGARUH LUAS PERMUKAAN
 TERHADAP LAJU REAKSI


*untuk file .pdf, bisa didownload disini atau file .docx bis didownload disini , baca cara download jika mengalami kesulitan*

I.Tujuan
Menyelidiki pengaruh luas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi.
II.Dasar teori
Laju reaksi dapat dipengaruhi oleh luas permukaan sentuh. Semakin besar luas permukaan sentuh, semakin besar kemungkinan partikel-partikel untuk bertemu dan bereaksi.
Semakin luas permukaan sentuh, maka tumbukan yang terjadi akan semakin besar. Jika tumbukan yang terjadi semakin besar, maka laju reaksinya pun semakin cepat.
III.Alat dan bahan
Ø Neraca
Ø Erlenmeyer 100 mL
Ø Gelas ukur 25 mL
Ø Kaca arloji
Ø Pipet tetes
Ø Larutan HCl 3 M
Ø CaCO3  / pualam
Ø Balon
Ø Lumpang dan alu
Ø Spatula
IV.Cara kerja
Ø Menyiapkan 2 tabung erlenmeyer 100 mL. Masing-masing isi dengan 25 mL larutan HCl 3M.
Ø Menyiapkan 2 balon karet, balon pertama isilah dengan 4gram bongkahan pualam dan balon kedua isilah dengan 4gram serbuk CaCO3 (pualam).
Ø Memasang dan mengikat kedua balon tersebut diatas mulut erlenmeyer (jaga jangan sampai pualam tersebut masuk kedalam erlenmeyer)
Ø Mereaksikan CaCO3 (pualam) tersebut. Mencatat waktu yang diperlukan oleh gas CO2 untuk menegakkan balon tersebut.
V.Data Pengamatan
CaCO3 (s) + 2 HCl(l)      à  CaCl (aq) + CO2 (g)
HCl
CaCO3
Waktu (detik)
1
bongkahan
11 detik 81
2
serbuk
1 detik 42


VI.Analisa Data
Dari 2 percobaan yang di lakukan, didapatkan 2 data yang berbeda. Yaitu perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk menegakkan balon .
Pada percobaan pertama, 4 gram bongkahan CaCO3 direaksikan dengan 25mL cairan HCl. Waktu yang dibutuhkan adalah 11,81 detik. Bongkahan CaCO3 memiliki ukuran yang besar, maka luas permukaannya semakin kecil. Sehingga tumbukan yang terjadi antara partikel-partikel bongkahan CaCO3 dengan cairan HCl juga kecil. Jadi bongkahan CaCO3 membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bereaksi dengan cairan HCl.
Pada percobaan kedua, serbuk CaCO3 juga direaksikan dengan cairan HCl. Serbuk CaCO3 memiliki ukuran yang kecil dan memiliki luas permukaan yang besar. Tumbukan yang terjadi antara serbuk CaCO3 dengan cairan HCl juga semakin besar. Peningkatan luas permukaan dari CaCO3 juga mengakibatkan tumbukan yang bertambah besar. Peningkatan jumlah tumbukan per detik mengakibatkan laju reaksi antara serbuk CaCO3 dengan cairan HCl semakin cepat.
VI.Pertanyaan
1.     Bagaimana pengaruh luas permukaan sentuhan  terhadap waktu?
Jawab :
Semakin luas permukaan sentuh suatu benda, laju reaksi yang berlangsung akan semakin cepat. Hal ini dikarenakan semakin banyak tumbukan partikel yang terjadi sehingga waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi akan semakin sedikit.


VII.Kesimpulan
Dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin luas permukaan sentuh suatu benda, semakin banyak tumbukan pertikel yang terjadi, maka laju reaksi yang berlangsung akan semakin cepat.

VIII.Daftar Pustaka
Johari, J.M.C. 2009. Kimia 2 SMA dan MA untuk kelas XI. Jakarta: Esis Erlangga.











PENGARUH KONSENTRASI
TERHADAP LAJU REAKSI

I.Tujuan
Menyelidiki pengaruh konsentrasi zat terhadap laju reaksi
II.Dasar Teori
Laju reaksi dapat dipengaruhi oleh konsentrasi. Berdasarkan teori tumbukan, laju reaksi akan lebih cepat jika tumbukan antar partikel zat yang bereaksi lebih banyak.
Zat yang konsentrasinya besar mengandung jumlah partikel yang lebih banyak, sehingga partikel-partikelnya tersusun lebih rapat dibanding zat yang konsentrasinya rendah. Partikel yang susunannya rapat akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang susunannya renggang, sehingga kemungkinan terjadinya reaksi semakin besar.

III.Alat dan Bahan
Ø Beaker glass 50 mL
Ø Gelas ukur 25 mL
Ø Pipet tetes
Ø HCl 2 M
Ø Na2S2O3 0,2 M
IV.Cara Kerja
Ø Menyiapkan kertas dan memberi tanda silang.
Ø Mengambil 20 mL larutan Na2S2O3 0,2 M dan memasukan ke dalam beaker glass.
Ø Meletakan beaker glass diatas kertas yang telah diberi tanda silang.
Ø Mereaksikan dengan 20 mL HCl 2 M. Mencatat waktu saat penambahan larutan HCl sampai tanda silang tersebut tidak kelihatan.
Ø Melakukan percobaan dengan mengencerkan Na2S2O3 0,2 M sesuai dengan tabel berikut
V.Data Pengamatan
Pengamatan yang dilakukan berdasarkan reaksi :
Na2S2O3 + 2HCl  à 2NaCl + H2O + SO2 + S

Volume HCl   2 M (mL)
Volume (mL)
[Na2S2O3]
Setelah dicampur (m)
Waktu
[Na2S2O3] 0,2 M
Air
Volume campuran
20
20
-
40
20 x 0.2 = 0.1 m
     40
23 detik 61
20
15
5
40
15 x 0.2= 0.075m
     40
34 detik 56
20
10
10
40
10 x 0.2= 0.05 m
     40
59 detik 80
20
5
15
40
5 x 0.2= 0.025 m
     40
4 menit 09 detik 40

VI.Analisa Data
Dari 4 percobaan yang dilakukan, didapat 4 data yang berbeda.
Pada percobaan pertama, yaitu mereaksikan 20mL HCl dengan 20mL Na2S2O3 . Jumlah mol Na2S2Odidapat dari : 20mL dikali molaritas Na2S2O3 , kemudian dibagi dengan volume akhir campuran. Total volume campurannya adalah 40mL. Waktu yang dibutuhkan agar tanda silang tidak terlihat adalah 23,61 detik.
Pada percobaan yang kedua, yaitu mereaksikan 20mL HCl dengan 15mL Na2S2O3 dan ditambah 5mL H2O. Waktu yang dibutuhkan agar tanda silang tidak terlihat adalah 34,56 detik. Konsentrasi Na2S2O3 berkurang karena pada percobaan yang kedua ini dicampurkan 5mL H2O , sehingga tumbukan yang terjadi antara partikel Na2S2O3 dengan HCl semakin kecil, dan menyebabkan waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi semakin bertambah.
Pada percobaan ketiga, yaitu mereaksikan 20mL HCl dengan 10mL Na2S2O3 dan ditambah dengan 10mL H2O. Waktu yang dibutuhkan  agar tanda silang tidak terlihat adalah 59,80detik. Konsentrasi Na2S2O3 semakin berkurang karena dalam percobaan yang ketiga ini dicampur dengan 10mL H2O. Sehingga tumbukan yang terjadi antara partikel Na2S2O3 dengan HCl makin kecil, dan waktu yang dibutuhkan bertambah dari percobaan sebelumnya.
Pada percobaan terakhir, yaitu mereaksikan 20mL HCl dengan 5mL Na2S2O3 dan ditambah 15mL H2O . Waktu yang dibutuhkan agar tanda silang tidak terlihat adalah 4menit 9,40 detik. Pada percobaan terakhir ini, membutuhkan waktu reaksi yang lebih lama.
VII.Pertanyaan
1.     Bagaimana pengaruh konsentrasi larutan Na2S2O3 terhadap waktu ?
2.     Buatlah grafik hubungan antara konsentrasi larutan Na2S2O3 terhadap laju reaksi !
Jawab
1.     Semakin besar konsentrasi Na2S2O3  maka waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi semakin cepat.
2.     Grafik













VIII.Kesimpulan
Dari percobaan tersebut, dapat diambil kesimpulan, yaitu semakin besar konsentrasi suatu zat , maka waktu yang diperlukan untuk melakukan reaksi adalah semakin sedikit, dan semakin kecil konsentrasi suatu zat, maka waktu yang di butuhkan untuk melakukan reaksi adalah semakin banyak.

VIII.Daftar Pustaka
Johari, J.M.C. 2009. Kimia 2 SMA dan MA untuk kelas XI. Jakarta: Esis Erlangga.


Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM ELEKTROLISIS

LAPORAN PRAKTIKUM ENZIM KATALASE

Laporan Praktikum Uji Karbohidrat, Protein, dan Lemak pada Makanan