Pengalaman Socmed-less

Dari Ketagihan Socmed, Sampai Jadi Socmed-less
Jadi, akun medsos pertama yang kupunya itu facebook. Haha, siapa sih yang gak kegoda buat akun facebook tahun 2008an? Bisa bikin status, komenkomenan, ngirim pesan, kenalan sm orang luar negri, dll. Aku inget banget nih, tujuan pertama bikin facebook, aku mau nyari temen dr luar negri. Biar bisa chattingan sambil ngelatih bhs inggris gitu.
Sedikit demi sedikit, aku ngurangin tuh yang namanya fesbukan, di hp maupun via pc. Gak lama kemudian muncul twitter yang pernah hits jaman awal SMA sampe awal kuliah. Sejak itu, aku gamau ketinggalan tuh bikin akun twitter. Ikut ikutan temen. Alasannya biar punya. Jadi setelah punya twitter, aku gatau nih fungsinya twitter buat apaan. Yang kutau kalo twitter itu lebih khusus, jadi kalo ada orang yg udah pake nama suatu username, kita gabisa nyamain usernamenya. Gakaya fesbuk. Lama-lama aku ketagihan juga nih main twitter, main follow follow akun artis, temen, info-info kuliah. Dan mulai mengurangi aktivitas twitter awal masuk semester 3 kuliah.
Kalo fesbuk & twitter itu menurutku basisnya buat bikin status, ada lagi nih menurut aku aplikasi yg basisnya chatting. Khusus chatting, kaya whatsapp, line, bbm, dll.
Aplikasi dan akun chatting pertama yg kupunya itu bbm. Inget banget. Soalnya waktu itu emang lagi booming bgt hp merk blackberry yang emang punya aplikasi chatting khusus buat penggunanya.
Gak lama setelah bbm, android juga booming. App chatting yg ku instal pertama di androidku waktu itu ada whatsapp & line. Ini sekitar akhir kelas 2 SMA. Jadi saat itu emang temen aku jarang banget ada yg pake line sm wa. Inget banget, orang pertama yg ngirim pesan via wa tuh si Ilham. Temen aku waktu les di kampung inggris hahaha. Aku kaget juga waktu itu, knp tbtb si Ilham ngechat, darimana dia tau akun wa ku. Hahaha, bodoh banget emang dulu aku gatau kalo wa bakalan kedeteksi kalo kontak kita pake wa juga. 
Trus kalo instal line, hmm awalnya gegara iklan di tv sih, ada artis korea koreanya gitu. Jadi pas instal line, aku suka banget krn ada stiker lucu-lucu yg bisa dikirim saat chattingan.
Galama setelah line, muncul tuh iklan app chatting di tv tv, kaya kakao talk, bee talk, we chat. Hahaha, aku udah pernah instal semua. UDAH. Dan aku juga gatau mau chatting sama siapa waktu itu krn kebanyakan temen aku aktif twitter doang. Mulailah ku hapus we chat, bee talk, & kakao talk. Kalo diingat ingat rasanya lucu, mau mau aja instal bejibun app chatting di hp 😂. Jadi tinggal ada bbm, line, & wa aja di hp.
Trus kalo aplikasi dan akun yg berbasis sharing lokasi kaya foursquare, swarm, path. Aku juga sempat punya. Tp menurutku di aplikasi ini, aku gapunya banyak temen hahaha. Trus kalo akun path, awal mulanya aku penasaran bgt katanya medaos ini bisa buat share lagu yg kita dengerin, film yg kita tonton, check in di suatu lokasi. Jadi menurut aku, path ini lebih banyak fitur-fitur kerennya dibandingin app berbasis share lokasi lainnya. Jadi ku pertahanin tuh path di hp.
Ada lagi nih, medsos berbasis tulis menulis menurut aku, kaya tumblr sama blog. Aku lupa, akun mana yg aku punya lebih dulu, blogger atau tumblr aku lupa. Tp kalo blog sm tumblr dr dulu lebih sering update via pc sih. Jadi cuma instal tumblr di hp buat scroll-scroll akun yg ku follow aja.
Ada lagi nih, medsos yg beda dr yg lainnya. Berbasis sharing gambar ajah. Yeah, instagram. Jadi waktu itu aku penasaran aja, katanya di instagram kita bs upload foto dg filter-filter yg disediain sama instagram biar kelihatan lebih kece katanya. Yah, akhirnya ku instal aja aplikasinya di hp. Dan sempat uninstal lagi soalnya gapunya temen di ig 😆. Sepi bgt waktu itu haha.
Yah namanya juga pernah gila medsos, ada juga ask.fm , salah satu medsos yg unik menurut aku. Bisa tanyatanya gitu ke orang lain, bisa pake anonim lagi haha. Dan tergodalah aku buat instal appnya juga di hp.
Dari semua medsos itu, pelan pelan aku kurangin, aku uninstal satusatu app nya di hp. Pertama mulai hapus app chat, trus app sharing lokasi, dan hanya menyisakan path. Jadi, di awal tahun 2016 aku cuma punya app bbm, line, wa, ig, tumblr, twitter, path, dan askfm aja di hp. Cuma? Haha , lumayan banyak tuh.
Hmm setelah itu, aku inget banget, akhirnya kurelakan twitter ku hapus. Soalnya udah sepi gakaya dulu lagi rame balesbalesan mention. Setelah twitter, askfm kurelakan buat ku uninstall. Krn udah ga rame juga, udah sepi. Jadi hp cuma ada app bbm, line, wa, ig, tumblr, sama path aja sampe akhir 2016.
Awal 2017, aku jadi jarang bgt buka path. Krn aku tau tementemen aku lebih suka update di instastory di ig. Path sepi deh, akhirnya ku uninstal juga path dari hpku. Setelah uninstal path, aku juga sempat tuh uninstal bbm. Sepi juga soalnya, pada pindah via wa sama line. Yaudah tuh sempat ku uninstal trus instal lg krn beberapa temen jaman SD dulu pada komunikasi via bbm.
Nah trus, sampai saat ini app medsos yg tersisa di hp cuma ada line, wa, twitter, tumblr doang. Awalnya aku ngerasa boros waktu banget krn dikit sikit kegoda buat buka hp cuma buat ngechek postingan orang 😂 haha parah. Menurut aku juga kebanyakan pada pamer di medsos, sharing kehidupannya bahkan ada yang tiap jam apdet kehidupannya.
Aku juga pernah gitu kok. Aku juga pernah ngalamin yg namanya gila medsos, gila update, gila posting yg gapenting. PERNAH. Tp semakin lama makin sadar aja nih, kalo kehidupan kita gak semuanya harus diketahui sama orang dunia maya. Kalo emang ada temen yg bener bener pengen jalin komunikasi toh mereka juga bisa hubungin via wa atau line. Karena emang paling gampang kirim pesan di line atau wa. Bukan anti sosial sih, tapi lebih selektif aja milih medsos yang emang benerbener berfaedah bagi diriku sendiri. Aku udah gak punya lagi tuh kebiasaan bangun tidur langsung cek medsos. Udah enggak, alhamdulillah deh.
Yah itung itung dg berkurangnya sosmed di hp, keinginan buat buka hp, cek apdetan temen semakin berkurang. Itung itung hemat kuota juga, hemat batre hp tentunya.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM ELEKTROLISIS

LAPORAN PRAKTIKUM ENZIM KATALASE

Laporan Praktikum Uji Karbohidrat, Protein, dan Lemak pada Makanan