NUSA PENIDA TOUR – TANPA IKUT OPEN TRIP – BACKPACK IN BALI


-Liburan ke Nusa Penida-
Siapa nih, yang punya rencana berlibur ke Bali? Sudah tentuin tujuan destinasi kalian selama di Bali? Biasanya nih ya, kalau keBali dengan rombongan sekolah (kaya jama SMA dulu), tujuan wisatanya Cuma itu-itu doang. Nah, bagi kalian yang emang lagi liburan di Bali tanpa ikut tour dari sekolah atau perusahaan, kalian wajib banget berkunjung ke Pulau Nusa Penida.

Di Nusa Penida ada destinasi wisata apa aja sih? Di Nusa Penida, terkenal banget dengan pantai-pantainya yang super duper bagus banget, dan jujur aku sendiri sampe mau nangis dan terharu banget kalau kalian pertama kali berkunjung ke Nusa Penida. Karena emang pantainya bersih, lautnya biru dan udaranya yang masih segar. Coba deh, lihat foto-foto ini! Pantai dan destinasi wisata ini, semuanya ada di Nusa Penida loh :) . 

Angel Billabong
Sumber: ifronia (koleksi pribadi)

Broken Beach
sumber: Ifronia (koleksi pribadi)

Kelingking Beach
sumber: Ifronia (koleksi pribadi)

Crystal Beach
Sumber: Ifronia (koleksi prbadi) 

Diamond Beach
sumber: https://phinemo.com


Dimana sih Pulau Nusa Penida? Dan gimana caranya kita bisa ke Nusa Penida? Nusa Penida, merupakan suatu pulau yang terletak di tenggara Pulau Bali. Jadi, untuk kalian yang akan berkunjung ke sana, kalian bisa naik Boat dari Pantai Sanur. Terdapat banyak pilihan boat untuk ke Nusa Penida, dan salah satu armada boat yang sudah aku coba adalah Maruti Express (i dont really remember the name, but im sure it is Maruti). Kita bisa beli tiketnya di Maruti Office, yang letaknya ada di kawasan Parking Lot di Pantai Sanur (kanan jalan setelah dari parkiran Mobil, sebelah ATM BNI). Untuk harga tiket PP (Sanur - Nusa Penida) hanya IDR 150k untuk wisatawan domestik, dan IDR 200k untuk wisatawan mancanegara. Murah kan? Dan boat ini biasanya berangkat dari Sanur ke Nusa Penida mulai jam 06.30 WITA, dan masih banyak pilihan jam keberangkatan lain.

Pelabuhan Maruti Express di Nusa Penida
sumber: ifronia (koleksi pribadi)

Kenapa gak usah ikut open trip aja? Hmm, gini aku jelasin. Pada awalnya, aku juga mengira tour di Nusa Penida itu harus ikut opentrip yang biayanya tergantung dari berapa orang dari suatu rombongan. Makin banyak orang dari satu rombongan, biaya yang dikeluarkan perorang juga lebih murah. Untuk satu rombongan yang berisi 6 orang, kalian bisa bayar IDR 365k/orang untuk ikut trip di Nusa Penida. Dan kalau cuma ada 2 orang dalam satu rombongan, kalian bisa merogoh kocek yang agak dalam. Sekitar IDR 650k/orang. Trus, kalau kalian sendirian alias solo traveller, kalian bisa ikut opentrip ini dengan biaya sekitar IDR 900k. kelebihan dari opentrip ini, kita gausah takut panas dan hujan, karena bisa keliling Nusa Penida naik mobil. Tapi untuk kalian yang emang pengen eksplor lebih, kalian bisa sewa motor di pintu keluat Pelabuhan Maruti yang ada di Nusa Penida. Biayanya gak mahal kok, Cuma 75k/hari kalian akan dapat motor matic dengan 2 helm. Lebih murah kan?

Nusa Penida pulau tanpa penghuni? Salah besar, di pulau ini banyak pedesaan, warga lokal yang ramah dan banyak Pura juga. Jangan takut ga bisa nginep di Nusa Penida. Di sana banyak banget homestay dan guest house yang tersedia. Dan bangunannya masih terhitung baru, serta banyak pilihan tempat makan dengan suasana pedesaan yang masih asri, jaringan seluler, dan ada ATM juga. Jadi jangan takut kehabisan duit hehe :) pokonya aman deh.

Untuk menjelajahi destinasi wisata, kalian bisa gunakan Google Map. Tapi saran aku, lebih baik kalian download dulu map Nusa Penida, biar bisa dibuka secara offline dan untuk sekedar jaga-jaga aja kalau kalian ga dapat sinyal internet. Kebetulan aku pakai provider XL, dan jaringannya lumayan bagus meskipun lebih sering dapat sinyal 3G (bukan LTE/4G). oh ya, selama di Nusa Penida, aku belum pernah lihat ada SPBU gitu. Jadi buat kalian yang sewa motor, bisa isi bensin di toko pinggir jalan.

Jalur yang kita lewati untuk ke tujuan wisata di Nusa Penida umumnya naik turun dengan beberapa tikungan tajam dan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Jalanannya sudah beraspal dan jarang banget ada lubang, dan menurutku aman banget buat pengendara motor. Dan untuk tiket masuk ke tempat wisata (pantai)harganya kisaran IDR 5k-25k, dengan biaya parkir motor kisaran 2k-5k. Di beberapa pantai, terdapat pilihan wisata lain seperti snorkling, surfing, dan naik boat keliling pantai dengan harga yang murah banget deh, dan ga bikin kantong bolong.


Sekian rekomendasi dan penjelasan dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang berencana liburan di Bali dan Nusa Penida. See you and have a nice trip.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM ELEKTROLISIS

LAPORAN PRAKTIKUM ENZIM KATALASE

Laporan Praktikum Uji Karbohidrat, Protein, dan Lemak pada Makanan